Rijalul Ansor Wadah Kiai Muda Ansor Penjaga Akidah Aswaja Annahdliyah

Rijalul Ansor Wadah Kiai Muda Ansor Penjaga Akidah Aswaja Annahdliyah, GP Ansor

DUKUHWARU, ANSORMEDIATEGAL – Kepala Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Tegal Kiai Idris Salis mengingatkan, Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor adalah wadahnya para Kiai Muda Gerakan Pemuda Ansor.

Oleh karena itu, harus dimanfaatkan dengan baik untuk menempa diri. Hal itu ditegaskan Kiai Idris Salis saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Majlis Dzikir dan Sholawat Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru masa khidmat 2021 – 2023, Jum’at (5/11) malam di Masjid Darun Nimah MWC NU Dukuhwaru.

“Rijalul Ansor ini wadah kita, panggungnya Kiai Kiai Muda Ansor. Maka manfaatkan dengan baik,” ujarnya

Kiai Idris menghimbau Majlis Rijalul Ansor disetiap tingkatan harus diisi dengan kajian oleh jajaran internal Rijalul Ansor. Ini penting untuk penguatan Akidah Ahlussunah Waljamaah Annahdliyah.

“Harus ada kajian dari kiai Muda kita. Jangan impor, tapi diisi internal jajaran Rijalul Ansor. Ini penting untuk meneruskan sanad keilmuan Mbah Hasyim Asyari,”ungkapnya.

Pengasuh Majlis Talim Muttabiil Ulama Bulakwaru Tegal itu juga memberikan referensi sejumlah kitab yang bisa dijadikan kajian. “Referensi saya misalnya kitab Risalah Ahlussunah Waljamaah karangan Mbah Hasyim Asy’ari, Kitab Almuktathofat Lil Ahlil Bidayat karangan KH Marzuki Mustamar atau lainnya,”imbuhnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Dukuhwaru Nurkhasan menuturkan, Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor merupakan lembaga semi otonom yang dibentuk oleh Gerakan Pemuda Ansor Ansor sebagai implementasi Visi Revitalisasi Nilai dan Tradisi dan Misi Internalisasi nilai Aswaja dan sifatur rasul dalam Gerakan Pemuda Ansor.

“Majelis ini dibentuk mulai disetiap tingkat Kepengurusan Gerakan Pemuda Ansor di seluruh Indonesia. Memiliki fungsi Menjaga dan mempertahankan paham Aqidah Ahlus sunnah wal Jama’ah ala Nahdlatul Ulama (NU),”ujarnya

Dijelaskan, Rijalul Ansor juga memiliki tugas mensyiarkan ajaran-ajaran dan amalan-amalan keagamaan yang telah diajarkan oleh para masayyih Nahdlatul Ulama dan para Wali penyebar agama Islam di Nusantara.

“Rijalul Ansor bertanggungjawab untuk menjaga, memelihara dan menjamin kelangsungan hidup dan kejayaan aqidah ahlussunah wal jama’ah ala Nahdlatul Ulama, serta Menjaga gerakan Islam Indonesia tetap sebagai agama Islam yang rahmatan lil alamin dan menolak cara-cara kekerasan atas nama Islam,”pungkasnya.

Pembukaan Rutin Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PAC Dukuhwaru yang dirangkai dengan Pengukuhan Pengurus MDS Rijalul Ansor Kecamatan Dukuhwaru masa khidmat 2021 – 2023 dibawah Nahkoda Ustadz Moh. Azami. Acara diawali dengan pembacaan Maulidurrosul SAW dan Istighotsah.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor Kabupaten Tegal Kiai Idris Salis, jajaran Pimpinan Anak Cabang GP Ansor, Satkoryon dan Pimpinan Ranting GP Ansor se Kecamatan Dukuhwaru. (Reza/Ansor Media)

Tulisan ini juga dimuat di : NU Online Jateng

 

Tinggalkan Komentar

Postingan Terkait