PW Ansor Jateng : Gelombang Minat Menjadi Ansor Banser Luar Biasa

PW Ansor Jateng : Gelombang Minat Menjadi Ansor Banser Luar Biasa, GP Ansor

GUCI, AnsorMediaTegal – Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah H Sholahudin Aly mengatakan, di Jawa Tengah bahkan nasional, gelombang minat menjadi anggota Gerakan Pemuda Ansor sangat luar biasa, terutama Banser.

Hal itu dikatakan Gus Sholah saat Pembukaan Rapat Koordinasi Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah, Rabu (10/03) malam di Hotel Grandian Guci Kabupaten Tegal.

Hal tersebut, menurut Gus Sholah, menuntut agar masing-masing satuan koordinasi menyiapkan formula pengkaderan yang ketat.

“Kita sadar anggota kita di Jateng saja sampai ribuan, jangan sampai kecolongan, seleksi dalam kaderisasi harus dilakukan, untuk memastikan orang tersebut layak atau tidak menjadi kader dari tahap awal penerimaan,”ujarnya.

Dirinya menambahkan, beberapa satuan khusus ditubuh Banser juga harus ditingkatkan kemampuannya sejalan dengan perkembangan era digital.

Senada dengan Gus Sholah, Kasatkorwil Banser Jawa Tengah Muchtar Makmun menegaskan, kaderisasi Banser harus sangat hati-hati, mengingat dengan meningkatnya animo masyarakat bergabung dengan Banser.

“Tidak butuh anggota banyak tetapi tidak satu komando. Yang ada saja diberdayakan dan ditingkatkan,”tandasnya

Dalam forum ini, menurut pria yang akrab disapa Nagabonar itu, akan mengevaluasi program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang sudah direncanakan pada tahun 2020 di Boyolali. “Tak hanya itu, forum tersebut juga membahas informasi terkait kelompok radikal,”imbuhnya

Sementara itu, Bupati Tegal Hj Umi Azizah saat membuka Rakor mengatakan, rapat koordinasi wilayah ini, selain memiliki nilai strategis untuk menjalin silaturahim di antara pimpinan Banser di Jawa Tengah.

“Forum Rakor juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, sekaligus muhasabah tentang kinerja organisasi dengan menyampaikan informasi penting yang berkaitan dengan misi kemanusiaan dan amar ma’ruf nahi munkar,” katanya

Menurut Bupati yang terpilih kembali sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Tegal periode 2021-2026 itu, dunia sudah membuktikan jika Barisan Ansor Serbaguna sebagai badan otonom Nahdlatul Ulama dari Gerakan Pemuda Ansor ini telah memberikan andil dan sumbangsih besar bagi kehidupan sosial kemanusiaan. Terutama dalam menjaga kententeraman, keamanan dan kenyamanan kehidupan beragama di Nusantara hingga memerangi radikalisme.

PW Ansor Jateng : Gelombang Minat Menjadi Ansor Banser Luar Biasa, GP AnsorDi sisi lain, masih menurut Umi, keterbukaan informasi di era internet of things ini, era media sosial justru menjadi ruang yang menyuburkan intoleransi, mendisrupsi rasa kebangsaan yang sesungguhnya kaya akan nilai budaya, solidaritas, kesantunan hingga kebersatuan.

“Ditengah situasi global yang bergerak sangat cepat, yang terkadang arahnya tidak menentu, tentu banyak pihak yang
ingin memanfaatkan sisi lemah kehidupan kebhinekaan negara,” tambah Umi.

Fenomena ini menurut Umi memang sangat sulit sekali dibendung. Dirinya mengharapkan Banser sebagai gerakan pemuda bisa mencegahnya dengan mencetak kader-kader dan generasi yang berpendidikan, yang selalu berbuat baik, berbicara baik, berpikiran positif dan berakhlakul karimah.

Rakor yang digelar 10-11 Maret 2021 dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah H Sholahuddin Aly, Kepala Satuan Kordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna Jawa Tengah Muchtar Makmun, Bupati Tegal Hj Umi Azizah dan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Tegal Nurfanani itu fokus membahas program-program strategis yang akan dijalankan satu tahun kedepan.

Kontributor : Fajar H/Hakam Rifki

Editor : Has@n AMT

Tinggalkan Komentar

Postingan Terkait