Peringati Harlah NU 95, Ansor Dukuhwaru Istighotsah dan Manakiban

Peringati Harlah NU 95, Ansor Dukuhwaru Istighotsah dan Manakiban, GP Ansor

DUKUHWARU, AnsorMediaTegal – Menyambut Hari Lahir ke 95 Nahdlatul Ulama (NU), Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PAC GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menggelar Istighotsah dan Manakiban, Jum’at (29/1) malam di Mushola Roudhotul Jannah Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru.

Kepala Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor PAC GP Ansor Kecamatan Dukuhwaru Ustadz Moh. Azami mengatakan, Istighotsah dalam rangka menyambut Hari Lahir ke 95 Nahdlatul Ulama (NU) digelar bersamaan Rutin Bulanan Majlis Dzikir dan Sholawat Rijalul Ansor.

“Istighotsah ini sebagai sarana kita bermunajat kepada Alloh SWT untuk mendoakan bangsa Indonesia yang saat ini masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita semua bisa berkegiatan secara normal kembali,”harapnya

Kegiatan Istighotsah diisi pembacaan doa bersama untuk para masyayikh dan muasis Jamiyah Nahdlatul Ulama (NU), pembacaan Manakib, Shalawat Thibbil Qulub dan Li Khomsatun secara berjamaah.

“Selain mendoakan berdoa untuk bangsa Indonesia dan para sesepuh, muasis NU, acara bertujuan ngalap barokah para masyayikh dan muasis NU. Semoga kita warga mendapatkan keberkahan dari para muasis pendiri Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Peringati Harlah NU 95, Ansor Dukuhwaru Istighotsah dan Manakiban, GP AnsorRais Syuriah MWCNU Kecamatan Dukuhwaru KH Mustaqim dalam ceramahnya mengingatkan sejarah berdirinya Gerakan Pemuda Ansor. Ia kemudian menukil ayat-ayat suci Al-Qur’an yang mengisahkan kesetiaan sahabat Ansor di Madinah kepada Rosulullah SAW.

Menurut KH Mustaqim, sahabat Ansor yang bermukim di Madinah tidak kecil pengorbanan dan pembelaan terhadap Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan agama Islam.

“Mereka tampil menjadi benteng perjuangan Islam. Karena itu, Nabi kemudian memberikan penghormatan kepada mereka dengan menjulukinya sebagai ansor, berarti penolong,”terangnya

Oleh karena, Kiai Mustaqim berharap pemuda Ansor harus bisa meneladani sahabat Ansor yang dulu membantu dan mengawal Perjuangan Rasulullah SAW.

“Ansor sekarang adalah wajib membela dan mengawal perjuangan para ulama, mengawal NU dan mengawal NKRI,” tandasnya.

Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Dukuhwaru Nurkhasan kepada AnsorMediaTegal menuturkan, mengingat masih dalam suasana pandemi kegiatan Istighotsah menerapkan protokol kesehatan, dimana peserta wajib memakai masker dan akan dilakukan pengecekan suhu sebelum memasuki tempat / majlis.

“Kegiatan disiarkan langsung melalui Fanspage FB PAC GP Ansor Dukuhwaru Tegal itu diakhiri doa tasyakuran dan tumpengan secara sederhana,” ujarnya

Hadir dalam kesempatan itu, Pengurus MWC NU Kecamatan Dukuhwaru, Penasehat GP Ansor, Pengurus Anak Cabang GP Ansor, Ranting GP Ansor se Kecamatan Dukuhwaru dan warga NU setempat. (Ansor Media Tegal)

Tinggalkan Komentar

Postingan Terkait